PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIN 4 ACEH BESAR

Iin Nurhalizha, misbahul Jannah

Abstract


Seorang guru dalam mengajar selain menguasai bahan juga dituntut dapat mengajar dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah metode eksperimen, karena dengan metode eksperimen siswa dapat membuktikan sendiri kebenaran dari teori yang sedang dipelajari secara nyata, siswa lebih aktif untuk mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan yang dihadapinya dengan melakukan percobaan sehingga dengan demikian siswa akan mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan metode eksperimen, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan metode eksperimen, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V MIN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas Va MIN 4 Aceh Besar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 73% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 82% (kategori baik sekali), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% berada pada (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 83% (kategori baik sekali), (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73% (kategori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 87% (kategori baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Aceh Besar sudah tercapai.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Hasil belajar, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana)

Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Cet. 1, (Jakarta: Kencana)

Anas Sudijono, 2001. Pengantar Statistic Pendidikan, (Jakarta : Raja Grafindo)

BSNP, 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: BSNP)

Evi Asmawira, 2013. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gaya Di Kelas IV MIN Merduati Banda Aceh, Skripsi (Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh)

Jamal Mak’mur Asmani, 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM, Cet. 10, (Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press)

Mahlianurrahma, 2014. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Cahaya Di Kelas V MIS Lamgugop Banda Aceh, Skripsi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry: Darussalam, Banda Aceh).

Mastur Faizi, 2013. Ragam Metode Mengajar Eksakta Pada Murid, Cet.1, (Banguntapan Jogjakarta: DIVA Press)

Mulyasa, 2004. Implementasi Kurikulum Panduan Pembelajaran KBK, (Bandung: Remaja Rosdakara)

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Rauzatul Lia, 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Kelas IV MIN Model Kota Banda Aceh, Skripsi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry: Darussalam, Banda Aceh)

Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar Disekolah, (Jakarta : Rineka Cipta)




DOI: https://doi.org/10.52626/jg.v1i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by: Geuthèë Institute

Jalan Limpok - Cot Iri, Barona Jaya, Aceh - Indonesia

E-mail: jurnal@geutheeinstitute.com & jurnalgeuthee@gmail.com

Website: http://geutheeinstitute.com/


Jurnal Geuthèë : Penelitian Multidisiplin

ISSN Online: 2614 – 6096 .

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.