SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA CV. EL GLORY MENGGUNAKAN METODE SAW

Kikye Martiwi Sukiakhy

Abstract


Kualitas sumber daya manusia adalah faktor penentu keberhasilan bisnis dari sebuah perusahaan. Dengan mempunyai sumber daya manusia yang baik maka suatu perusahaan dapat menjalankan proses bisnisnya dengan lancar serta sesuai dengan tujuan perusahaan. CV. El Glory merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa. CV. El Glory didirikan pada bulan Agustus tahun 2019. Dalam rangka mendorong terciptanya produktivitas kinerja yang terus meningkat, maka CV. El Glory melaksanakan pemilihan karyawan terbaik. Sistem pendukung keputusan dapat membantu pengambil keputusan untuk mendapatkan rekomendasi karyawan terbaik menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Pada penelitian ini data yang digunakan berasal dari data internal dan data eksternal. terdapat beberapa kriteria yang dibutuhkan dalam membantu pengambil keputusan untuk memilih karyawan terbaik, yaitu disiplin, kualitas pekerjaan, dan perilaku. Berdasarkan seluruh kriteria dan alternatif yang ada dalam penelitian ini menghasilkan Indah Lestari sebagai karyawan terbaik di CV. El Glory dengan total nilai preferensi yaitu 2,5. Metode SAW merupakan metode yang efektif serta praktis dalam perhitungan untuk menentukan rekomendasi karyawan terbaik di CV. El Glory sehingga pengambil keputusan dapat mempertimbangkan rekomendasi tersebut sesuai dengan prioritas yang ditentukan

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Karyawan Terbaik, Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF

References


J. Informatika and U. Pamulang, “Issn 2541-1004,” vol. 1, no. 1, pp. 12–16, 2016.

E. Turban, J. Aronson, and T. Llang, Decision Support Systems and Intelligent Systems. 2003.

M. Hasanudin, Y. Marli, and B. Hendriawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus Pada Pt . Bando Indonesia),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018, vol. 6, no. 3, pp. 91–96, 2018.

M. K. Kusrini, “Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan,” Penerbit Andi. 2007.

I. Bukori, P. Pujiono, and S. Suharnawi, “Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Penentuan Peringkat Dalam Pembuatan Peta Tematik Daerah Rawan Demam Berdarah Dengue (Studi Kasus Kabupaten Pati).,” Techno. Com, vol. 14, no. 4, pp. 272–280, 2015.

S. H. Kusumadewi, “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM),” Graha Ilmu Yogyakarta, 2006.

S. Dedi, A. Pardede, A. Harahap, A. Putera, and U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas ) Menerapkan Metode MOORA,” vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018.

T. Murti, L. A. Abdillah, and M. Sobri, “Pinjaman Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto,” Semin. Nas. Inov. dan Tren 2015, 2015.

V. C. Hardita, E. Utami, and E. T. Luthfi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, p. 138, 2019, doi: 10.24076/citec.2018v5i2.177.




DOI: https://doi.org/10.52626/jg.v4i3.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by: Geuthèë Institute

Jalan Limpok - Cot Iri, Barona Jaya, Aceh - Indonesia

E-mail: jurnal@geutheeinstitute.com & jurnalgeuthee@gmail.com

Website: http://geutheeinstitute.com/


Jurnal Geuthèë : Penelitian Multidisiplin

ISSN Online: 2614 – 6096 .

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.