ANALISA SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA INDUSTRI BINTANG PRIMA ACEH BESAR

Chairul Amni, Teuku Zulfadli

Abstract


Perencanaan persediaan bahan baku merupakan salah satu peranan yang sangat penting dalam dunia industri untuk meningkatkan permintaan pasar. Sebuah perencanaan produksi akan berjalan dengan baik jika di dukung dengan adanya persediaan bahan baku yang memadai. Persediaan bahan baku juga memberikan kontribusi biaya yang cukup besar sehingga komponen biaya ini juga perlu untuk dikendalikan. Melihat pentingnya fungsi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan bahan baku, maka perlu adanya usaha untuk mengelolanya secara efisien untuk mendapatkan hasil yang optimal. Perencanaan bahan baku merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mendukung proses produksi, sehingga tidak terjadi masalah seperti keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen, dan pemborosan biaya bahan baku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian bahan baku yang diterapkan serta untuk mengetahui jumlah ekonomis bahan baku pada setiap kali pemesanan yang di analisis dengan menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity). Dari penelitian ini mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan metode EOQ dalam pemesanan bahan baku jauh lebih optimal dan efisien dibanding metode yang selama ini diterapkan, terlihat dari selisih total biaya pemesanan bahan baku pada tepung mencapai 1,21% (404.950 rupiah) selisih pada bahan baku gula 0,02% (4.450 rupiah) dan selisih biaya pada pemesanan ragi dan garam sebesar 14,31% yaitu sebesar Rp. 82.500 untuk Ragi dan Rp. 8.250 untuk selisih pemesanan garam. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode EOQ mempuanyai hasil baik dalam melakukan pemesanan bahan baku sehingga bahan baku untuk produksi tidak mengalami penumpukan dan tidak mengalami kekosongan dalam gudang

Keywords


Bahan Baku; Persediaan; Analisis Biaya; Metode EOQ.

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, Gunawan dan Yunita Anggraeni. 2007. Anggaran Bisnis : Analisis, Perencanaan dan Pengendalian Laba. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Yenny R. Octavia. (2007). Analisis Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode EOQ. PT. Jaya Mulia Perkasa.

Fatta. M. 2007. Manajemen Sistim Informasi Persediaan. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Haming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2007. Manajemen Produksi Modern. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Herjanto, E. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Gramedia.

Indrajit, Eko Richardus dan Djokopranoto, Richardus. 2003. Manajemen Persediaan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Madura, Jeff. 2001. Perencanaan Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Pardede, Pontas M. 2005. Manajemen Operasi dan Produksi : Teori, Model dan Kebijakan. Yogyakarta: Andi.

Purnomo, Hari. 2003. Pengantar Teknik Industri. Graha lmu. Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 1995. Manajemen Persediaan : Aplikasi di Bidang Bisnis. PT Raja Grafindo Perkasa. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.9992/jg.v2i2.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by: Geuthèë Institute

Jalan Limpok - Cot Iri, Barona Jaya, Aceh - Indonesia

E-mail: jurnal@geutheeinstitute.com & jurnalgeuthee@gmail.com

Website: http://geutheeinstitute.com/


Jurnal Geuthèë : Penelitian Multidisiplin

ISSN Online: 2614 – 6096 .

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.